Jumat, 28 Oktober 2011

cara anak bisa membaca



kisah anak umur 2th bias baca,mari kita lihat cara pembelajaran nya…
melalui penelitian tentang otak anak
Bagi otak tidak ada bedanya apakah dia ‘melihat’ atau ‘mendengar’ sesuatu. Otak dapat mengerti keduanya dengan baik. Yang dibutuhkan adalah suara itu cukup kuat dan cukup jelas untuk didengar telinga, dan perkataan itu cukup besar dan cukup jelas untuk dilihat mata sehingga otak dapat menafsirkan. Kalau telinga menerima rangsang suara, baik sepatah kata atau pesan lisan, maka pesan pendengaran ini diuraikan menjadi serentetan impuls-impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang bisa melihat untuk disusun dan diartikan menjadi kata-kata yang dapat dipahami.
Begitu pula kalau mata melihat sebuah kata atau pesan tertulis. Pesan visual ini diuraikan menjadi serentetan impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang tidak dapat melihat, untuk disusun kembali dan dipahami. Baik jalur penglihatan maupun jalur pendengaran sama-sama menuju ke otak dimana kedua pesan ditafsirkan otak dengan proses yang sama
Dua hal yang penting dalam mengajar anak
1.Sikap dan pendekatan orang tua
sarat yang penting adalah pendekatan orang tua terhadap anak secara menyenangkan
tekan kan pada anak anda belajar adalah
*hadia,bukan hukuman
*permainan yang paling menggairakan ,bukan bekerja
*bersenang-senang,bukan bersusah payah
*suatu kehormatan ,bukan kehinaan
2.Membatasi waktu untuk melakukan permainan ini sehingga betul-betul singkat
Hentikan permainan ini sebelum anak itu sendiri ingin menghentikannya.karena apabila anak bosan,dia tidak akan tertarik lagi dengan hal tersebut,sehingga mempersulit kita untuk ngajak anak bermain
Tahab –tahab mengajar
Tahap pertama
Mengajrkan anak anda membaca dimulai dari 15 belas kata saja
Contoh kata
*ayah
*ibu
*bunda
*kuda
Ajari anak dengan mengulang kata-kata tersebut
Hari ke2
*ulangi pelajaran dari hari pertama sebanyak 3x
*tambahkan lima kata baru yang harus anda ulang sbanyak 3x,jadi ada6 pembelajaran
*jangan lupa menunjukan rasa banga kepada anak anda dan memuji nya
*jangan lakukan test,sebelum waktunya
Hari k3
*lakukan seperti hari k2
*tambahkan lima kata sehingga menjadi 9 pelajaran
Hari ke4,ke5,ke6.ualngi seperti hari ke3 tanpa penambahan kata-kata baru
Hari k7
*Berikesmpatan anak untuk menunjukan kemajuan nya
*Biarkan anak memilih kata kesukaan nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar